" Wa mau itu bukit - Lu gila ka ? "

Kronologi pembangunan Genting Highlands dimulai pada tahun 1963 oleh Lim Goh Tong seorang pengusaha sukses asal Malaysia. Pada awalnya Lim Goh Tong tertarik untuk mengembangkan sebuah resor peristirahatan dan hiburan di Malaysia yang dapat menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Pada saat itu Lim Goh Tong sedang mencari lokasi yang tepat untuk membangun resor tersebut. Ia menemukan Bukit Fraser namun karena terlalu dekat dengan ibu kota Kuala Lumpur ia memutuskan untuk mencari lokasi yang lebih jauh agar para wisatawan dapat merasakan suasana yang berbeda.


Pada tahun 1964 Lim Goh Tong menemukan sebuah bukit yang berada sekitar 50 kilometer dari Kuala Lumpur. Bukit tersebut dikenal sebagai Bukit Tinggi namun Lim Goh Tong menggantinya dengan nama Genting yang berarti "tinggi" dalam bahasa Melayu.

Setelah menemukan lokasi yang cocok Lim Goh Tong menghadapi tantangan besar dalam membangun Genting Highlands. Lokasi tersebut saat itu masih berupa hutan belantara yang sulit dijangkau.

Namun dengan tekad dan kerja keras Lim Goh Tong memulai pembangunan Genting Highlands. Ia membangun jalan menuju Bukit Genting agar mudah diakses oleh wisatawan. Selain itu ia juga membangun hotel pertama di kawasan tersebut yaitu Hotel Genting Highlands.


Pada tahun 1971 Genting Highlands resmi dibuka untuk umum. Resort ini menawarkan berbagai fasilitas seperti kasino taman bermain taman hiburan hotel dan restoran. Dalam beberapa tahun Genting Highlands berhasil menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di Malaysia menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya.

Dalam perjalanan pembangunannya Lim Goh Tong juga menghadapi berbagai rintangan termasuk masalah finansial dan perizinan. Namun dengan ketekunan dan determinasi ia berhasil mengatasi semua hambatan tersebut.

Hingga saat ini Genting Highlands tetap menjadi destinasi wisata terkenal di Malaysia. Tempat ini terus berkembang dengan penambahan fasilitas dan atraksi baru seperti taman tema taman hiburan indoor dan resor mewah. Semua ini tidak akan terwujud tanpa visi dan usaha Lim Goh Tong dalam membangun Genting Highlands.

Post a Comment

0 Comments