Tanda-tanda Lailatul Qadr & Bagaimanakah Menghidupkan 10 Malam Terakhir di Bulan Ramadhan ( Lailatul Qadr ? )

Tanda-tanda Lailatul Qadr ditandakan dengan yang berikut :

Pagi harinya matahari terbit dalam keadaan tidak menyilaukan, seperti halnya bejana ( yang terbuat dari kuningan - Fajar ).
( H.R Muslim )

Lailatul Qadr adalah malam yang tenang dan sejuk ( tidak panas dan tidak dingin ) serta sinar matahari di pagi harinya tidak menyilaukan.
( H.R Ibnu Khuzaimah dan Al Bazzar )

Bagaimanakah Menghidupkan 10 Malam Terakhir di Bulan Ramadhan ( Lailatul Qadr ? )

Asy-Syaikh 'Abdul Aziz bin Baz dan Asy Syaikh Abdullah bin Qu'ud rahimahumallahu berkata : " Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam lebih bersungguh-sungguh beribadah pada 10 malam hari terakhir bulan Ramadhan untuk mengerjakan shalat malam ( qiamullail ), membaca Al-Qur'an, dan berdo'a daripada malam-malam selainnya".
( Indonesia : Fatawa Ramadhan, Hal.856 )

Demikianlah hendaknya seorang muslim / muslimah … Menghidupkan malam-malamnya pada 10 malam Terakhir di bulan Ramadhan dengan meningkatkan ibadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala, shalat tarawih dengan penuh iman dan harapan pahala dari Allah semata-mata, membaca Al-Qur'an dengan berusaha memahami maknanya, membaca buku-buku yang bermanfaat, dan bersungguh-sungguh dalam berdo'a serta memperbanyakkan zikrullah.

Di antara bacaan do'a atau zikir yang paling afdhal untuk dibaca pada malam ( yang diperkirakan sebagai Lailatul Qadr ) adalah sebagaimana yang ditanyakan Ummul Mukminin 'Aisyah radhiyallahu 'anha kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam : " Wahai Rasulullah jika aku mendapati Lailatul Qadr, do'a apakah yang aku baca pada malam tersebut ? ".

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab :

" Bacalah:

اللهم إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

" Ya Allah sesungguhnya Engkau adalah Zat Yang Maha Pemberi Maaf, Engkau suka pemberian maaf, maka maafkanlah aku".
( HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah )

Maka hendaknya pada malam tersebut memperbanyakkan ... Do'a, Zikir, dan Istighfar.

InsyaAllah.

Post a Comment

0 Comments

Ulasan