Keutamaan / Nikmat Malam Lailatul Qadr

Di antara nikmat dan karniaan Allah subhanahu wa ta'ala terhadap umat Islam, dianugerahkannya kepada mereka satu malam yang mulia dan mempunyai banyak keutamaan. Suatu keutamaan yang tidak pernah didapati pada malam-malam selainnya.
Tahukah anda, malam apakah itu? Dia adalah malam "Lailatul Qadr". Suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, sebagaimana firman Allah :

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ * وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ * لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ * تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ * سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ *

" Sesungguhnya Kami telah menurunkannya ( Al Qur'an ) pada malam kemuliaan ( Lailatul Qadr ). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan ( Lailatul Qadr ) itu? Malam kemuliaan itu ( Lailatul Qadr ) lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar".
( Al-Qadr : 1-5 )

Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah berkata: "Bahwasanya ( pahala ) amalan pada malam yang barakah itu setara dengan pahala amalan yang dikerjakan selama 1000 bulan yang tidak ada padanya Lailatul Qadr. 1000 bulan itu sama dengan 83 tahun lebih. Itulah di antara keutamaan malam yang mulia tersebut. Maka dari itu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berusaha untuk meraihnya, dan beliau bersabda :

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِإِيْمَاناًوَاحْتِسَاباً،غُفِرَلَهُ مَاتَقَدَّمُ مِنْ ذَنْبِهِ

" Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan ( dari Allah ), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu".
( H.R Al Bukhari No.1768, An Nasa'i No. 2164, Ahmad No. 8222 )

Demikian pula Allah subhanahu wa ta'ala beritakan bahwa pada malam tersebut para malaikat dan malaikat Jibril turun. Hal ini menunjukkan betapa mulia dan pentingnya malam tersebut, karena tidaklah para malaikat itu turun kecuali karena perkara yang besar. Kemudian Allah subhanahu wa ta'ala mensifati malam tersebut dengan firman-Nya :

سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

" Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar. "

Allah subhanahu wa ta'ala mensifati bahwa di malam itu penuh kesejahteraan, dan ini merupakan bukti tentang kemuliaan, kebaikan, dan barakahnya. Barangsiapa terhalangi dari kebaikan yang ada padanya, maka ia telah terhalangi dari kebaikan yang besar".
( Indonesia : Fatawa Ramadhan, Hal. 848 )

Wahai hamba-hamba Allah, adakah hati yang tergugah untuk menghidupkan malam tersebut dengan ibadah …?!, adakah hati yang terketuk untuk meraih malam yang lebih baik dari 1000 bulan ini …?! Betapa meruginya orang-orang yang menghabiskan malamnya dengan perbuatan yang sia-sia, apalagi dengan kemaksiatan kepada Allah.

Post a Comment

0 Comments

Ulasan